Saturday, April 4, 2020

Viral, Pasien Korona Ini Sembuh: “Virus Korona Bukanlah Hukuman Mati”

loading...
Photo by Unsplash/marceloleal80
Photo by Unsplash/marceloleal80

Pandemi global virus korona baru COVID-19 telah menjadi topik yang paling menyedot perhatian. Tingginya jumlah kasus positif dan kematian membuat banyak orang luput bahwa penyakit ini dapat disembuhkan.

Sebuah video yang diunggah akun YouTube South China Morning Post itu menceritakan Carlo Navarro, seorang pengacara pajak asal Filipina, yang berhasil sembuh dari COVID-19.

Navarro dinyatakan positif terjangkit virus corona setelah mengunjungi Jepang bersama keluarganya. Pria berusia 48 tahun itu menuturkan momen mengerikan yang terjadi pada hari keempat setelah dikarantina: ia harus melihat pasien lain meninggal di bangsal isolasi yang sama dengannya.

Navarro juga mengungkapkan semasa diisolasi ia dan istrinya hanya bisa melakukan komunikasi melalui video call. Rasa takut pun menghantui.

Dalam video berdurasi sekitar dua menit itu dijelaskan bahwa pada 25 Maret 2020, di Filipina tercatat adanya 38 orang meninggal dunia akibat virus korona. Lebih dari 600 orang terjangkit virus itu, 26 diantaranya berhasil sembuh dan Carlo Navarro menjadi salah satunya. Ia kembali ke rumah usai menghabiskan masa isolasi selama 15 hari di rumah sakit.

Setelah kesembuhannya, Navarro memutuskan untuk berbagi pengalamannya melawan penyakit virus korona. Ia mengatakan terinfeksi virus korona bukanlah hukuman mati, melainkan sesuatu yang dapat dilawan dan menangkan.

Navarro menginggatkan perlunya memiliki kepercayaan (iman) yang kuat agar bisa sembuh dari virus ini, ia juga meminta kepada masyarakat yang memiliki gejala awal virus korona untuk segera mengisolasi diri.

Video tersebut viral dan telah diputar sebanyak lebih dari dua juta kali di Youtube, kini cerita Navarro itu mendapatkan 2.200 likes

Comments


EmoticonEmoticon